Plugin WordPress yang Saya Gunakan Saat Ini

Plugin yang Saya Gunakan Saat Ini – Sebagai pengguna WordPress saya perlu belajar lagi tentang bagaimana cara  menguasai Content Management System yang satu ini.

Mulai dari pemilihan tema, setting ini dan itu, configure yang dibutuhkan. Nah salah satunya ialah urusan plugin.

PLUGIN WORDPRESS

Plugin disini bertujuan sebagai penopang atau penambah daya suatu blog WordPress sesuai kebutuhan. Beda halnya dengan blogger.com yang bila kita ingin menambahkan atau memodifikasi suatu blog mesti melalui edit template.

Di blog baru ini saya tidak langsung memasang banyak plugin, kini saya mencoba lebih selektif plugin apa yang saya butuhkan. Karena WordPress menyediakan ribuan plugin siap pakai, maka saya harus menentukan plugin mana yang terbaik dikelasnya.

Lalu plugin apa saja yang saya pakai saat ini? Berikut daftarnya :

  1. Akismet Anti-Spam
    Plugin ini saya gunakan untuk menangkal komentar spam yang banyak digunakan para pemburu backlink asal-asalan.
  1. Classic Editor
    Sampai saat ini saya belum terlalu familiar dengan user interface editor WordPress, bahkan ketika kali pertama menggunakannya saya sempat kebingungan. Untunglah ada plugin Classic Editor. Dengan plugin ini saya bisa kembali bernoltagia dengan tampilan Classic saat menulis artikel.
  1. Hello Dolly
    Dari dahulu sampai kini, plugin bawaan WordPress ini selalu ada ketika kita menginstal WordPress. Biasaya saya membiarkan saja plugin ini.
  1. Jetpack by WordPress.com
    Plugin ini bertujuan untuk mencatat statistik dari blog WordPress. Seperti pengunjung per hari, per minggu, per bulan. Lalu artikel apa yang paling diminati oleh pengunjung. Mungkin plugin ini akan berguna beberapa bulan ke depan. Mengingat blog ini baru saja dibuat dan belum memiliki banyak artikel. No article No statistic.
  1. Post Views Counter
    Lanjut ke plugin kelima yaitu Post Views Counter, sama halnya dengan Jetpack. Plugin ini juga masuk kategori plugin statistik. Namun lebih tepatnya, penghitung berapa banyak suatu post (artikel) dilihat.
  1. WP Content Copy Protection & No Right Click
    Sudah bukan rahasia umum, banyaknya blogger yang ingin mengambil jalan pintas dengan menyalin artikel milik orang lain. Lebih parahnya menyalin seluruh isi sebuah artikel tanpa menyertakan sumber dari artikel tersebut.

Untuk menghindari kejadian tersebut, saya berikhtiar dengan memasang plugin WP Content Copy Protection. Yang di mana (maaf) Anda hanya bisa membaca isi artikel ini saja tanpa bisa menyalin atau melakukan klik kanan di bagian manapun di blog ini.

  1. Yet Another Related Post Plugin (YARPP)
    YARPP ini saya gunakan supaya artikel yang satu dengan artikel lainnya yang masih dalam satu kategori bisa terkait. Sesuai namanya ya, Yet Another Related Post Plugin.
  1. Yoast SEO
    Lanjut ke plugin terpenting yang terinstal di blog anasyus.com yaitu Yoast SEO. Sebelum saya mengenal Yoast SEO, saya terbiasa menggunakan plugin All in One SEO Pack. Namun berkat saran dari Kang Herman yang terlebih dahulu menggunakan plugin ini, akhirnya saya memutuskan untuk turut mencoba di blog ini. Untuk perkembangan secara detailnya, mungkin bisa saya ulas di artikel mendatang.

Demikianlah sederet plugin yang saya gunakan, tidak menutup kemungkinan daftar di atas akan bertambah seiring kebutuhan blog ini. Apakah  ada dari salah satu plugin yang saya pakai, Anda pun pakai? Tambahkan di kolom komentar ya.

Salam,
Anas Yus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!