Cara Backup Aplikasi Android Menjadi APK ke Memory Card

Membackup suatu aplikasi Android memang jarang dilakukan, karena biasanya jika kita membutuhkan aplikasi tertentu tinggal buka saja Play Store untuk mengunduhnya.

Namun bagaimana jika ketika Anda melakukan factory reset (setelan pabrik) yang mana hal itu akan menghapus semua data dan juga aplikasi yang terinstal dan tersimpan pada memory internal ponsel.

Terlebih lagi jika Anda sedang tidak menggunakan hotspot Wi-Fi, dan hanya kuota data yang tersedia. Maka otomatis jika harus mengunduh banyak aplikasi Android yang biasa Anda gunakan satu per satu dengan kuota data, bisa dipastikan kuota Anda akan cepat terkuras.

Dengan tips sederhana cara membackup aplikasi Andoid menjadi APK dan dapat di simpan ke penyimpanan eksternal dalam hal ini memory card, Anda dapat menginstalnya dengan mudah tanpa harus download satu demi satu.

Cukup sentuh beberapa kali maka Aplikasi yang tadi berbentuk file APK kini sudah terinstal dan siap untuk Anda gunakan.

Benefit lain yang Anda dapatkan ketika membackup aplikasi Android menjadi APK adalah ketika Anda hendak membagi aplikasi tersebut ke HP lain, cukup kirim-kirim tanpa mengunduh.

Lalu seperti apa caranya backup aplikasi menjadi APK dengan mudah? Pertama, Anda cukup mengunduh aplikasi yang mampu bekerja mem-backup dan me-restore aplikasi lain. Disini saya menggunakan App yang bernama App Backup Restore Transfer.

Aplikasi besutan dari Trustlook Security Lab itu mampu mencadangkan serta memulihkan aplikasi Android yang sebelumnya sudah terinstal di HP Anda menjadi sebuah APK. Banyak cara untuk backup aplikasi dan data tanpa root, ya salah satunya dengan aplikasi yang saya sebutkan di atas.

Cara menggunakannya pun terbilang sederhana dan cukup mudah. Cukup beberapa klik, aplikasi terinstal sudah menjadi APK. Seperti yang terlampir pada gambar di bawah ini, proses mencadangkan (backup) atau memulihkan (restore).

Silahkan Anda pilih aplikasi apa saja yang hendak Anda backup, pada ceklis box tinggal di centrang saja ya.

Dan bilamana sudah Anda backup, kemudian Anda ingin memasang kembali APK tersebut, Anda cukup bergeser ke tab Diarsipkan

Demikianlah pembahasan tentang bagaimana cara backup aplikasi Android menjadi APK ke memory card. Semoga bermanfaat.

Salam,
Anas Yus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *